TV LG SLIM GAMBAR HIJAU GARIS BUKU

P08-04-12_14-19
Kali ini saya dapat servisan tv lg slim tapi saya lupa jenisnya, tapi sebenarnya bukan hanya tv lg saja yang mengalami kerusakan seperti ini seperti tv sharp, polytron, dll. Tentunya akan mengecewakan ketika sedang asyik menonton satu acara kesayangan tiba-tiba pesawat tv bleng berubah jadi hijau, merah atau biru disertai bergaris buku. sebenarnya hal seperti ini bisa dicegah dengan cara: pada setingan contras usahakan jangan terlalu tinggi kecerahannya, seringkali kerusakan seperti iniketika saya cek pada kontrasnya contrasnya diseting ful, seperti pada kasus tv lg kali ini.Cara memperbaakinya setelah dibuka casing seperti biasa saya cek dulu kondisi komponen barangkali ada yang mencurigakan [kaya tukang ronda ya] tapi kali ini kondisi componen masih tampak segar-segar (kaya sayuran) maklum ini tv kata siempunya baru tiga bulan, tapi sudah rusak ya, aneh. jangan aneh begitulah electronic.Menurut teori saya kerusakan seperti ini disebabkan rusaknya rangkaian RGB untuk pengecekan tv saya hidupkan saya cek pada bagian RGB, dan ternyata benar pada bagian pin G,tidak ada suplay yang musti sama seperti pada pin R dan B.-+90v-180v hilangnya suplay pada pin G kali ini disebabkan short tr stc 345 ,gantilah tr tersebut bisa jg pakai c2482.setelah selesai pemasangan tv saya jajal mak jreng gambar normal kembali
Hati-hati dalam pemasangan tr atau componen pada rangkaian rgb,salah-salah bisa berakibat konslet filament.

Oleh FRITZ ROMONY

Tinggalkan komentar